Biaya Umroh Tahun 2021

Foto Jamaah Umroh Real Travel atau Pakem Tours

Biaya umroh di tahun 2021 akan dipengaruhi banyak faktor, di antaranya situasi yang saat ini melanda seluruh dunia, yaitu masa new normal. Saat ini penyelenggaraan umroh masih terjadi pembatasan, misalnya pesawat hanya diisi 75%, Bus hanya diisi 50% dari Kapasitas, Jamaah hanya dibolehkan sekamar berdua. Tak hanya itu kuota keberangkatan juga dibatasi, akses masuk ke Masjidil Haram dan Raudah juga dibatasi.

Atas dasar itu banyak jamaah umroh dan Penyelenggara umroh masih menunda keberangkatan umroh.

Dan saat tulisan ini kami terbitkan 02 Januari 2021, Pemerintah Kerajaan Arab Saudi juga masih sementara menutup kembali akses masuk ke negaranya, sehingga umroh kembali di stop.

Faktor lain yang berpengaruh adalah fasilitas yang digunakan serta masa waktu paket umroh yang dipilih. Misalnya ketika menggunakan fasilitas bintang 5, tentu biayanya lebih tinggi dibanding menggunakan fasilitas bintang 4 dan bintang 3. Kemudian masa atau jumlah hari juga berpengaruh, misalnya biaya umroh program 12 hari tentu lebih tinggi dibanding biaya umroh program 11, 10 dan 9 hari.

Kali ini penulis akan memetakan biaya biaya umroh berdasarkan fakto faktor di atas.

Biaya Umroh VIP

Foto Jamaah Umroh Real Travel Saat Biaya Umroh Masih Normal
Foto Jamaah Umroh Real Travel Saat Biaya Umroh Masih Normal

Jika calon jamaah umroh mengambil Paket VIP atau paket umroh yang menggunakan fasilitas hotel bintang 5 dengan pesawat premium misalnya Saudia dan Garuda maka dipastikan biayanya lebih tinggi. Umroh VIP ini biasanya menggunakan hotel Pullman Zamzam, Hilton, Dar Taqawa, Movempik, Dar Al Ghufran dan hotel Safwa di Mekkah. Kemudian di Madinah biasanya menggunakan hotel bintang 5 seperti Hilton, Al Haram, Dallah Taibah, Dar Taqwa, Pullman, Movenpik, Anwar Madinah.

Sekarang mari kita lihat biaya umroh VIP di masa new normal dan biayanya di saat situasi sudah normal kembali (diperkirakan saat vaksin covid19 sudah mudah untuk didapatkan.

Biaya Umroh Paket VIP di Masa New Normal

Biaya umroh di masa new normal saat ini lonjakannya sangat tinggi dari masa normal sebelumnya. Penyebabnya adalah terjadi pembatasan dipenerbangan, bus dan pembatasan kuota visa umroh.

Biaya Umroh VIP 9 Hari New Normal

Umroh 9 hari dimasa new normal biasanya programnya seperti ini 2 hari perjalanan PP dari Jakarta Ke Jeddah, 3 hari karantina di Mekkah, 2 Hari Ibadah di Mekkah, 2 hari ibadah di Madinah. Harga paketnya cukup beragam mulai dari Rp. 25.000.000 hingga 33.000.000

Biaya Umroh VIP 12 Hari New Normal

Untuk Umroh 12 hari di masa new normal ini biasanya menggunakan program sepert ini : 2 hari pp perjalanan Jakarta Jeddah, 3 hari karantina di Mekkah, 4 Hari Ibadah di Mekkah, 3 hari Ibadah di Mekkah. Harga paket cukup beragam, kisaran Rp. 29.000.000 hingga Rp. 45.000.000

Baca Juga

Hal lain yang mempengaruhi Biaya

Penyelenggara Umroh memiliki standar sendiri dalam membuat paket. Ada beberapa item yang kadang masuk dan kadang juga tidak termasuk dalam biaya umroh new normal. Berikut ini rinciannya:

  1. Biaya Karantina sehari sebelum berangkat dan sehari saat tiba kembali di tanah air
  2. PCR atau Swab sebelum berangkat
  3. Biaya Perlengkapan, ini meliputi pakaian ihram, travel bag, pakaian seragam, tas paspor dan lain lain
  4. Biaya Handling yang meliputi penanganan bagasi, porter, check in dan lain lain
  5. Biaya Tiket domestik dari daerah Anda ke Bandara International jika harus naik pesawat
  6. Biaya Vaksin maningitis dan flu
  7. Biaya Paspor.

Biaya Umroh Paket VIP di Masa Normal

Saat situasi sudah normal kembali (covid19 sudah berakhir), atau paling tidak vaksin covid sudah mudah untuk diperoleh maka diperkirakan biaya umroh akan menyesuaikan kembali ke biaya normal, karena tidak ada lagi pembatasan di atas pesawat maupun di transportasi darat, bus.

Selain biaya yang menyesuaikan kembali, program ibadah dan ziarah juga sudah normal,. Tempat tempat ziarah seperti jabal uhud, masjid quba , masjid Sab’ah dan kebun kurma di Madinah sudah dibuka kembali untuk Jamaah.

Begitupun di Mekkah, tempat ziarah seperti jabal nur, jabal tsur, jabal rahmah, ji’rona, masjid Aisyah dan lain lain akan dibuka kembali.

Akses masuk ke Masjid haram juga Insya Allah tidak dibatasi lagi. Jamaah umroh sudah bebas kembali untuk masuk shalat di Masjid Haram, dan boleh tawaf kapan saja.

Lantas berapa kira kira biaya umroh saat situasi sudah normal kembali. Berikut ini rinciannya.

Biaya Umroh VIP 9 Hari Masa Normal

Untuk umroh VIP 9 hari diperkirakan biayanya minimal Rp. 24.000.000 dengan rute perjalanan seperti ini;

  • 2 hari perjalanan indonesia ke jeddah/Madinah PP,
  • 3 malam di hotel bintang 5 Madinah,
  • dan 4 malam di hotel bintang 5 Mekkah.

Biaya Umroh VIP 12 Hari Masa Normal

Umroh VIP 12 hari diperkirakan biayanya kembali menyesuaikan dengan estimasi minimal Rp. 27.00.000, dengan rute umumnya seperti ini :

  • 2 hari perjalanan PP Indonesia Jeddah/Madinah
  • 4 malam di Madinah dengan hotel bintang 5
  • 6 malam di Mekkah dengan hotel bintang 5

Biaya Umroh Reguler

Umroh reguler umumnya menggunakan hotel bintang 3 atau hotel bintang 4, tergantung biayanya. Rutenya sama dengan program umroh VIP 12  dan 9 hari. Yang mebedakan biasanya hanya fasilitas hotel. Yang mengambil umroh reguler umumnya tinggal di hotel Jalan Ibrahim Khalil, Hijrah dan Ajyad. Namun yang paling padat adalah area Ibrahim Khalil.

Nah, untuk biaya umroh reguler sendiri kita akan bedakan menjadi 2 paket juga , yaitu paket 9 dan 12 hari.

Biaya Umroh Reguler 9 Hari Masa Normal

Di awal tahun 2020 lalu sebelum datang pandemi, biaya umroh reguler 9 hari minimal Rp. 20.500.000. Namun saat penyesuaian nanti diperkirakan minimal Rp. 22.500.000. fasilitasnya sama seperti yang kami sebutkan di atas, yaitu hotel bintang 3. Untuk yang menggunakan hotel bintang 4 diperkirakan biayanya minimal Rp. 23.500.000

Biaya Umroh Reguler 12 Hari Masa Normal

Ini merupakan salah satu paket umroh yang paling favorit pada situasi normal sebelumnya. Selain karena waktunya yang lama, biayanya juga masih sangat terjangkau. Pada situasi normal sebelumnya umumnya paket umroh 12 hari dijual dengan harga minimal Rp. 23.000.000. Namun saat penyesuaian nanti diperkirakan bianya minimal Rp. 24.500.000.

Bagaimana Cara Mempersiapkan Biaya Umroh

Mempersiapkan Biaya Umroh Dengan Tabungan Umroh Berencana
Mempersiapkan Biaya Umroh Dengan Tabungan Umroh Berencana

Sebenarnya tiap orang masing masing punya cara tersendiri dalam mempersiapkan biaya perjalanan umroh. Ada yang menabung sendiri sedikit demi sedikit,  ada yang mempersiapkannya melalui program tabungan umroh, ada juga yang langsung bayar lunas, dan biasanya ada juga yang melakukan pembiayaan umroh melalui program syariah.

Dari berbagai cara mempersiapkan biaya umroh tersebut, salah satu yang paling tepat saat ini adalah dengan program tabungan umroh. Sekarang kita semua tahu bahwa biaya umroh masih sangat mahal dan kegiatan ibadah dan ziarah juga di batasi, serta masih dibutuhkan masa karantina di Arab Saudi. Jadi langkah yang tepat adalah melalui tabungan umroh.

Anda bisa menabung sesuai kemampuan dana dan waktu menabung, nah saat tabungan sudah cukup Anda langsung bisa pilih dan membeli Paket Umroh. Cara ini bisa Anda dapatkan di program tabungan umroh berencana Real Travel.

Tips Mencukupkan Biaya Umroh

Kami sudah menghandel puluhan ribu jamaah umroh sejak tahun 2008 hingga hari ini. Di antara sekian banyak jamaah itu ada beberapa orang yang bisa berangkat tiap tahun. Padahal bukan juga orang yang sangat kaya. Kami pernah mewawancarainya dan bertanya “Kenapa bisa berangkat umroh tiap tahun, biayanya dari mana?”.

Jawabannya rata rata seperti ini, mereka bisa berangkat umroh tiap tahun karena di dasari oleh keinginan atau niat kuat. Menurut mereka kuncinya adalah di uang muka pendaftaran. Setelah mereka uang muka, misalnya Rp. 3.000.000. Mereka selalu berdoa kepada Allah agar dicukupkan setoran biaya umrohnya.

Berikut tips tips lain yang bisa digunakan untuk mencukupkan biaya umroh:

Mengatur Pengeluaran Rutin

Agar keuangan rapi dan pengeluaran tercatat dengan jelas, kamu bisa membuat pos-pos pengeluaran utama yang terbagi ke dalam beberapa kategori. Kategori ini biasanya terbagi menjadi pos tagihan bulanan, kebutuhan sehari-hari, transportasi, asuransi, tabungan pendidikan dan investasi.

Setelah memenuhi pos-pos tersebut kamu bisa menambahkan pos tabungan untuk biaya umroh agar tabungan tetap berjalan dan juga tercatat rapi. Prioritaskan untuk memenuhi pos tabungan biaya umroh terlebih dahulu daripada pos hiburan, agar lebih cepat mencapai target yang diinginkan.

Menghemat Pengeluaran

Tips ini masih berkaitan dengan tips sebelumnya. Jika ingin melakukan transaksi atau mengeluarkan uang untuk hal-hal yang dirasa tidak begitu perlu, kamu bisa mengalokasikan uang tersebut untuk biaya umroh yang memang membutuhkan banyak dana.

Kurangi pengeluaran untuk hiburan atau keperluan yang tidak mendesak. Sebagai contoh, kamu bisa mengurangi frekuensi jajan kopi dan kue setiap hari dan mulai membuat sendiri di rumah atau kantor. Contoh lain, jika kamu seorang perokok, kamu bisa menguranginya misalnya kalau sebelumnya menghabiskan sebungkus dalam sehari, cobalah untuk mengaturnya sehingga sebungkus cukup untuk 3 hari.

Dengan mengurangi kebiasaan jajan dan rokok yang tidak begitu mendesak, kamu bisa mengalokasikan dana yang biasanya digunakan untuk hal-hal tersebut ke pos tabungan biaya umroh.

Jika anda bisa mengoptimalkan 2 cara di atas, maka Insya Allah Anda akan berangkat umroh paling lambat 2 tahun sejak memulainya.

Mengalokasikan Lebih Banyak Dana Untuk Umroh

Anda sudah tahu estimasi biaya umroh masa yang akan datang, nah untuk berjaga-jaga, lebihkan target dana yang ingin anda siapkan untuk biaya umroh agar ketika sudah terkumpul dan biaya umroh naik, kamu masih memiliki dana lebih dan bisa segera membeli paket umroh.

Kesimpulan

Biaya umroh tahun 2021 saat ini masih terbilang mahal, program ibadah juga masih di batasi, program ziarah belum dibolehkan dan masih mewajibkan karantina saat tiba di Arab Saudi. Bahkan Arab saudi juga kadang menutup bandaranya secara tiba tiba.

Maka langkah terbaik adalah menunda dulu keberangkatan dan fokus mempersiapkannya denga melalui program tabungan umroh berencana Real Travel yang dipersembahkan oleh Pakem Tours atau PT. Pandi Kencana Murni.

Anda bisa memulainya dengan setoran awal Rp. 500.000 dan melakukan setoran berikutnya setiap hari, setiap minggu atau setiap bulan dengan nilai sesuai kemampuan.

Related Post